Gerakan Pramuka MTsN Kota Madiun melaksanakan Kemah Besar di Bumi Perkemahan Kandangan, Kecamatan Kare Kabupaten Madiun. diikuti oleh  seluruh kelas 7 yang berjumlah 411 siswa, 198 Anggota DPP (Dewan Pasukan Penggalang) Kelas 8 dan 9, dan 40 Anggota PMR (Palang Merah Remaja) dan Jurnalistik.

Kegiatan perkemahan berlangsung selama 3 hari yaitu tanggal 3-5 September 2018 dibuka langsung oleh Kamabigus Bapak M. Fuad Hariri. Kemah Besar ini mengambil tema " Pramuka Sebagai Teladan Masa Depan" dengan bermacam-macam kegiatan yaitu: Hasta Karya, Pentas Seni, Semapore, Lintas Alam dan kegiatan keagamaan. Pembina Pramuka kakak Dawam Daroini mengharapkan kegiatan ini bertujuan untuk membentuk kemandirian peserta didik agar siap dalam menghadapi masa depan yang penuh tantangan dengan cara meningkatkan sikap disiplin, beriman dan kepemimpinan supaya bisa diterapkan di lingkungan keluarga dan sekolah.

Menurut beliau kegiatan kemah besar ini merupakan sinergi antara pramuka, PMR dan Jurnalistik agar bisa bekerjasama dalam kegiatan madrasah. Semoga dengan kegiatan Kemah Besar ini dapat meningkatkan kedewasaan dan menumbuhkan jiwa kepemimpinan dimasa datang. AF